Jumat, 21 Februari 2020

Bagaimana Sistem Informasi Dalam Perusahaan




A.  Empat Langkah Proses Kontrol Dalam Mendukung Bisnis Suatu Perusahaan

1. Establish standards


            • Menetapkan standar kinerja pada titik-titik strategis

             • Standar kinerja atau kontrol adalah target yang direncanakan untuk membandingkan kinerja yang sebenarnya

             • Standar kinerja yang sesuai :

            –Standar laba

            –Standar pangsa pasar

            –Standar produktivitas

             –Standar pengembangan staf



2. Measure actual performance


• Pengumpulan informasi dan pelaporan kinerja aktual adalah kegiatan yang berkelanjutan

• Aktivitas perlu di kuantifikasi sebelum perbandingan yang valid dapat dibuat

• Persyaratan penting agar laporan benar-benar dapat diandalkan untuk pengukuran pencapaian aktual

• Perlu menetapkan informasi apa dan berapa banyak informasi yang harus dikumpulkan dan diberikan kepada siapa

• Kontrol dengan pengecualian - hanya perbedaan penting yang dilaporkan kepada manajemen puncak di organisasi besar



3. Evaluate deviations


• Tentukan kesenjangan kinerja antara standar kinerja dan kinerja aktual

• Penting untuk mengetahui mengapa standar hanya cocok, dan tidak terlampaui

• Penting untuk diketahui mengapa kinerja jauh lebih baik daripada standar

• Penting untuk memastikan bahwa perbedaan itu asli

• Tentukan apakah penyimpangan cukup besar untuk membenarkan penyelidikan lebih lanjut

• Semua alasan untuk penyimpangan dan kegiatan yang relevan harus diidentifikasi



4 .Take corrective action


• Tindakan korektif perlu diambil untuk memastikan bahwa penyimpangan tidak berulang

• Jika pencapaian aktual sesuai dengan standar, maka tidak diperlukan tindakan korektif

• Jika pencapaian aktual tidak sesuai dengan standar, ada tiga tindakan yang mungkin ada:

–Tingkatkan kinerja aktual untuk mencapai

standar

–Strategi dapat direvisi untuk mencapai standar

–Standar kinerja dapat diturunkan atau dinaikkan untuk menjadikannya lebih realistis









B. Tipe Sistem Utama di Dalam Bisnis 

Transaction Processing System (TPS)


           Transaction Processing System (TPS) adalah sistem terkomputerisasi yang menjalankan dan menyimpan transaksi rutin sehari-hari untuk menjalankan bisnis. Sistem ini bekerja pada level operasional. Pada tingkat dasar, TPS dapat berupa sistem point of sale (POS) seperti Mokapos, atau sistem yang memungkinkan wisatawan untuk mencari hotel dan termasuk opsi kamar lalu seperti kisaran harga, jenis dan jumlah tempat tidur. Karyawan dapat menggunakan data yang dibuat untuk melaporkan tren penggunaan dan melacak penjualan

Knowledge Management System (KMS)


       Knowledge Management System (KMS) adalah sistem informasi yang membuat dan mengintegrasikan pengetahuan baru ke organisasi. KMS termasuk kedalam Knowledge Level. Layanan pelanggan dapat menggunakan sistem KMS untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah.



Executive Information System (EIS)


           Executive Information System (EIS) adalah sistem informasi pada strategic-level sebuah organisasi yang dirancang untuk tujuan pengambilan keputusan yang tidak terstruktur. Manajemen senior menggunakan EIS untuk membuat keputusan yang memengaruhi seluruh organisasi. Eksekutif membutuhkan data dengan tingkat akurasi yang tinggi dan kemampuan untuk menelusuri data tersebut



Management Information Systems (MIS) 


            Management Information Systems (MIS) adalah sistem informasi pada management-level sebuah organisasi yang melayani fungsi-fungsi perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan yang dibuat dengan menyediakan ringkasan rutin dan laporan periodik. Operasi yang menggunakan BIS biasanya untuk membuat keputusan bisnis berdasarkan pengumpulan, integrasi, dan analisis data dan informasi yang dikumpulkan. Sistem ini mirip dengan EIS, tetapi manajer dan eksekutif tingkat bawah menggunakannya.



C. Empat Fungsi Bisnis Pada Perusahaan 



FUNGSI SDM


           - Rekuitmen

           - Pelatihan dan penempatan

           - Kinerja dan pengembangan

           - Renumerasi

           - Career plan dan program pensiun       

FUNGSI PRODUKSI


          - Pemeliharaan bahan baku dan supplier (PEMBELIAN)

          - Proses produksi (PRODUKSI)

          - Penyimpanan bahan baku dan barang jadi (LOGISTIK)

          - Pengawasan mutu dan pengembangan (R&I)

          - Pemeliharaan (TEKNIK)

          - Perencanaan kebutuhan barang jadi hingga kebutuhan bahan baku (PPIC)

FUNGSI PEMASARAN


         Pemasaran  adalah sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan konsumen.

         - Fungsi petukaran dimana terdiri dari fungsi pembelian dan fungsi penjualan

         - Fungsi fisis yaitu meliputi fungsi pengangkutan, fungsi penyimpanan dan fungsi pemerosesan

         - Fungsi penyediaan sarana meliputi informasi pasar , penanggunan resilo, pengumpulan, komunikasi, mayoritas dan pembiayaan.



FUNGSI KEUANGAN

      Suatu cara memperoleh pendanaan modal kerja, mengunakan atau mengalokasikan dana dan  mengelola aset yang diiliki untuk mencapai tujuan utama.
 



Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar